Cari Blog Ini

Sabtu, 17 April 2010

Plagiat dari ITB Hebohkan Peneliti Internasional



Rani Hardjanti - Okezone

JAKARTA - Setelah nama Prof Anak Agung Banyu Perwita mencoreng nama baik Universitas Katolik Parahyangan (Unpar), kini nama Institut Teknologi Bandung (ITB) kembali dipertaruhkan oleh aksi plagiat.

Kasus Plagiat ini mengemuka pada Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE), sebuah lembaga ilmiah internasional prestisius dalam bidang teknologi elektronika. Penemuan kasus ini disebut-sebut menghebohkan masyarakat peneliti internasional dan ramai pada milis alumni ITB.

Makalah yang dipermasalahkan adalah tulisan bertajuk Topological Relations for 3D Spatial Analysis, yang dipresentasikan oleh mahasiswa S3 Mochammad Zuliansyah, dari Sekolah Teknik Elektro & Informatika (STEI) ITB.

Tulisan itu dipublikasikan Zuliansyah dalam seminar IEEE bertajuk Proceedings
of The 2008 IEEE Conference on Cybernetics and Intelligent Systems pada 2008 dalam.

Namun, tulisan itu dinyatakan IEEE sebagai tindakan menjiplak karya Siyka Zlatanova berjudul On 3D Topological Relationship yang telah dipublikasikan pada 2000, dalam seminar IEEE bertajuk 11th International Workshop on Database and Expert System Applications, DEXA 2000.

Namun, belakangan kasus ini juga menyeret dosen dan guru besar Sekolah Teknik Elektro & Informatika (STEI) ITB. Nama-nama yang disebutkan, Zuliansyah, Suhono Harso Supangkat, Yoga Priyana, Carmadi Machbub.
(rhs.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar